Tempe Bungkil Kacang Tanah Khas Malang Malang Peanut Presscake Tempe

Main Article Content

Edy Tya Gullit

Abstract

Di Malang, Jawa Timur, terdapat pangan khas berbasis bungkil kacang tanah yang telah dikenal oleh masyarakat setempat sebagai “tempe kacang”. Tidak diketahui awal mula dan sejarah produk ini dan tidak banyak referensi yang membahas dan memberikan informasi secara mendetail. Keunikan yang dimiliki tempe bungkil kacang yaitu penggunaan ragi mirip ragi tape dan pemeraman yang dilakukan dalam keadaan terbuka. Dalam produksi tempe kedelai, ragi yang digunakan merupakan ragi tempe dan pemeraman dilakukan dalam keadaan tertutup plastik atau daun pisang. Tulisan ini mengulas  setiap lini proses produksi tempe bungkil kacang tanah  khas Malang serta potensinya sebagai pangan fungsional. Beberapa potensi manfaat kesehatan yang dimiliki produk ini antara lain dapat menurunkan trigliserida, kolesterol dan LDL, serta meningkatkan HDL dalam darah.


In Malang, East Java, figured indigenous food based peanut presscake which been known by local as “tempe kacang”. There aren’t many information about origin and history of peanut presscake tempe and also the  specific detail about this product. Peanut presscake tempe has it own uniqueness about production process such as utilizing starter which similar to tapay starter and aging condition which was held in opened space. Regular soy tempe production utilized tempe starter and aging was wrap in plastic or banana leaves. This articles reviews every step of Malang peanut tempe production along its potency as fungsional food. The health potency of Malang peanut tempe has been reported such as decreasing blood triglyceride, cholesterol, LDL and increasing HDL.

Di Malang, Jawa Timur, terdapat pangan khas berbasis bungkil kacang tanah y[A1] ang telah dikenal oleh masyarakat setempat sebagai “tempe kacang”. Tidak diketahui awal mula dan sejarah produk ini dan tidak banyak referensi yang membahas dan memberikan informasi secara mendetail. Keunikan yang dimiliki tempe bungkil kacang yaitu penggunaan ragi mirip ragi tape dan pemeraman yang dilakukan dalam keadaan terbuka. Dalam produksi tempe kedelai, ragi yang digunakan merupakan ragi tempe dan pemeraman dilakukan dalam keadaan tertutup plastik atau daun pisang. Tulisan ini mengulas  setiap lini proses produksi tempe bungkil kacang tanah  khas Malang serta potensinya sebagai pangan fungsional. Beberapa potensi manfaat kesehatan yang dimiliki produk ini antara lain dapat menurunkan trigliserida, kolesterol dan LDL, serta meningkatkan HDL dalam darah.

 [A1]

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Edy Tya Gullit

aProgram Studi Ilmu Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian,

Institut Pertanian Bogor, Bogor 16680

bDepartemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian,

Institut Pertanian Bogor, Bogor 16680