Journal Summary & History

 

Journal Summary

Jurnal PanganpISSN: 0852-0607

eISSN: 2527-6239

PANGAN merupakan sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Pusat Riset dan Perencanaan Strategis Perum BULOG, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Saat ini PANGAN telah terakreditasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan sertifikat akreditasi nomor 743/AU2/P2MI-LIPI/04/2016.

PANGAN mempublikasikan beberapa jenis artikel di antaranya artikel terkait hasil riset yang berisi kemajuan utama (major advance) dan merupakan original research findings, artikel bersifat kajian (review) yang mendeskripsikan perkembangan baru kesignifikanan interdisiplin dengan memperhatikan pertanyaan pertanyaan yang belum teresolusi serta arahnya di masa mendatang, serta tulisan-tulisan lainnya terkait pangan yang menyajikan hal-hal seperti kebijakan baru dan penting dengan kesignifikanan yang luas, baik skala nasional maupun internasional, komentar terhadap masalah pangan, diseminasi undang-undang, peraturan pemerintah, Inpres, Keppres, bedah buku, rubrik, serta wawancara.

Journal History

Jurnal Pangan pertama kali diterbitkan pada tahun 1989 dengan p-ISSN 0852-0607. Pada mulanya, Pangan merupakan majalah populer yang menyajikan dan mengulas informasi seputar permasalahan pangan. Seiring dengan perkembangan zaman, artikel-artikel yang diterbitkan dalam Pangan terus mengalami perubahan menjadi lebih ilmiah. Sehingga pada tahun 2012, dengan semangat untuk meningkatkan kualitas tulisan yang diakui keilmiahannya, Pangan akhirnya bertransformasi menjadi sebuah jurnal ilmiah yang diakreditasi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ruang lingkup penulisan PANGAN yang sebelumnya berada pada arti yang luas untuk komoditi pangan selanjutnya dibatasi hanya pada beberapa jenis komoditi pangan saja, yaitu biji-bijian (grains), umbi-umbian (tuber), kacang-kacangan (legumes/pulses), minyak pangan (edible oils) dan gula (sugar) dengan cakupan analisis meliputi : produksi, pengolahan, penyimpanan, transportasi, pemasaran, perdagangan, konsumsi dan gizi, sarana, teknologi, jasa, pendanaan dan kebijakan. Untuk menyebarluaskan penerbitan PANGAN yang tidak terbatas hanya pada versi cetak saja, pada tahun 2011, PANGAN mulai mempublikasikan artikel yang telah diterbitkan dalam versi online dengan alamat website www.majalahpangan.com yang kemudian berganti menjadi www.majalahpangan.org. Dengan adanya kebijakan baru yang mempersyaratkan bahwa pengelolaan sebuah jurnal ilmiah harus dilakukan secara full online (paperless) melalui E-Publishing System (open journal system), maka PANGAN pada tahun 2016 mulai mengembangkan e-journal dengan alamat url www.jurnalpangan.com dan e-ISSN 2527-6239.

 

Focus and Scope

Fokus Komoditi : beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, tepung terigu, bawang merah/putih, cabe, daging sapi, daging ayam ras, dan telur ayam.
Aspek bahasan: produksi, pengolahan, penyimpanan, transportasi, pemasaran, perdagangan, konsumsi dan gizi, sarana, teknologi, jasa, pendanaan dan kebijakan.

Jenis/Bagian tulisan yang akan dicakup:
Artikel ilmiah (Research Article) (sekitar 8-20 halaman jurnal). Artikel yang diajukan berisi kemajuan utama (major advance) yang merupakan original reasearch findings. Artikel ilmiah harus mencakup abstrak bahasa Indonesia dan bahasa inggris, pendahuluan, bagian-bagian dengan sub judul (sub-heading) ringkas, dan maksimum 40 referensi. Materi dan metode harus dimasukkan guna menunjang material online, yang juga harus memasukkan informasi lain yang dibutuhkan untuk mendukung kesimpulan.
Kajian (Review) (sekitar 8-20 halaman jurnal) mendeskripsikan perkembangan baru kesignifikanan interdisiplin dan menyorot pertanyaan pertanyaan yang belum teresolusi serta arahnya di masa mendatang. Semua review akan melalui proses pengkajian oleh peer-reviewer. Reviewer yang di kirim harus memuat abstrak, pendahuluan, bagian-bagian dengan sub-judul (sub-heading) ringkas, dan maksimum 40 referensi
Tulisan selain artikel ilmiah dan kajian yang berkaitan dengan pangan (sekitar 2-8 halaman jurnal) menyajikan hal-hal seperti kebijakan-kebijakan baru dan penting dengan kesignifikanan yang luas, baik skala nasional maupun internasional, komentar terhadap masalah pangan, diseminasi undang-undang, peraturan pemerintah, Inpres, Keppres, bedah buku, wawancara.

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

 

Peer Review Process

  1. Setiap naskah yang diterima di Jurnal PANGAN akan ditelaah secara anonim oleh minimal 2 orang reviewer yang memiliki keahlian sebidang dengan penulis naskah. Dalam kondisi tertentu seperti ketimpangan nilai dari 2 reviewer dan/atau atas pertimbangan yang lain, artikel dapat ditelaah kembali oleh reviewer ketiga
  2. Peer atau penelaah naskah (reviewer) merupakan kelompok penelaah yang dipilih dari para ilmuwan yang masih giat dan aktif berkecimpung dalam dunia kecendekiaan sehingga diakui secara luas sebagai tokoh dan autoritas terpandang dalam bidang spesialisnya.
  3. Review dilakukan sebagai bentuk kegiatan evaluasi terhadap karya atau kinerja yang dilakukan oleh orang lain dalam bidang yang sama untuk menjaga kualitas atau bahkan untuk meningkatkan kualitas karya atau kinerja di bidang tersebut.
  4. Review bersifat rahasia dan dilakukan berdasarkan pada pertimbangan obyektifitas, tidak memihak, eksklusif bias pribadi, sopan dalam berkomentar, dan professional.
  5. Peer atau reviewer tidak bertugas menyunting gaya bahasa atau mengolah naskah untuk siap diterbitkan. Peer atau reviewer hanya bertugas mengevaluasi kelayakan bobot isi dan substansi naskah sesuai dengan baku mutu yang digunakan Jurnal Pangan.
  6. Hasil review dari peer/reviewer menjadi bahan pertimbangan redaksi memutuskan naskah diterima atau ditolak. Dalam kondisi tertentu, naskah dapat ditolak oleh redaksi tanpa proses penelaahan setara jika dinilai tidak masuk ke dalam ruang lingkup bahasan atau tidak layak dari kontribusi ilmiahnya.
  7. Redaksi berhak untuk membuat beberapa koreksi (tanpa mengubah substansi tulisan) terhadap gaya, kalimat, pengaturan gambar dll. tanpa memberitahu ke penulis naskah. Jika redaksi menganggap bahwa naskah memerlukan perubahan yang mendasar, penulis akan diminta untuk melakukan perubahan-perubahan dimaksud.

 

Publication Frequency

Jurnal PANGAN diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun, yaitu di setiap bulan April, Agustus, dan Desember.

 

Open Access Policy

Naskah yang dipublikasikan dalam Jurnal PANGAN adalah tersedia bebas secara daring tanpa hambatan dalam mengakses. Selebihnya, pembaca bisa menggunakan, mempublikasikan, dan menyebarkan kembali makalah dalam berbagai cara, atau menggunakannya untuk tujuan yang tidak melanggar hukum lainnya.

 

Articles published under Journal of PANGAN are made freely available online immediately upon publication, without subscription barriers to access. In addition, it will also allow readers to reuse, republish, and distribute the article in a variety of ways, or use them for any other lawful purpose

Pangan Journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public to supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
Pangan Journal by Pusat Riset dan Perencanaan Strategis, Perum BULOG is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics

PANGAN JOURNAL is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on: food that present things such as new and important policies with broad fisheries significance, both national and international scales, comments on food issues, dissemination of laws, government regulations, Presidential Instruction, Presidential Decree, book review, rubrics, and Interview. This following statement clarifies ethical behavior of all parties involved in the act of publishing an article in this journal, including the author, the editor, the reviewer, and the publisher PERUM BULOG. This statement is based on COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Jurnal PANGAN merupakan media berkala yang mempublikasikan hasil penelitian atau kajian/penelaahan (review) tentang pangan baik sains maupun terapan yang belum pernah dipublikasikan. Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini, meliputi : pengelola, editor, reviewer/mitra bestari, dan penulis. Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini mengacu kepada Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang kode etika publikasi ilmiah, yang intinya bertujuan untuk menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu (i) kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGELOLA JURNAL

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB EDITOR

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang/penulis,
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang,
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan,
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik,
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap pengarang/penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan,
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  15. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MITRA BESTARI

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENULIS

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.

 

 

Plagiarism Check

Plagiarism screening will be conducted by Pangan Journal Editorial Board using Grammarly® Plagiarism Checker.

Article Processing Charges

Every article submitted to Pangan Journal will not have any 'Article Processing Charges'. This includes submitting, peer-reviewing, editing, publishing, maintaining and archiving, and allows immediate access to the full text versions of the articles.

References Management

Every article submitted to Pangan Journal shall use reference management software Mendeley.

Accreditation Certificate

Pangan Journal has been certificated as a Scientific Journal by Ministry of Research, Technology, and Higher Education of Republic Of Indonesia. Updated Accreditation Number: 28/E/KPT/2019

 

Copy Editing and Proofreading

Every article accepted by PANGAN journal shall be an object to Grammarly® writing-enhancement program conducted by PANGAN Journal Editorial Board.

 

Sponsors